IT dan Pesantren

 Oleh : Ulul Ilmi 

Pendidikan It di pondok pesantren
Pondok Pesantren adalah suatu tempat untuk menimba ilmu-ilmu agama langsung dari kyai atau pimpinan pondok,
Sistem pendidikan pesantren hingga kini sangat diminati sebagai sistem pendidikan yang tepat dan dianggap mampu menyelesaikan isu-isu permasalahan global. Model pembelajaran pesantren juga mempunyai ciri khas tersendiri dan berbeda dengan model pembelajaran di sekolah-sekolah umum. Diantaranya adalah model pembelajaran sorogan dan bandongan. Hingga saat ini model pembelajaran yang dalam pesantren juga dikembangkan agar dapat menyesuaikan oleh tuntutan zaman.
Salah satu pengembangan untuk mengembangkan skill para santri adalah ilmu informatika dan teknologi
Ilmu informatika dan teknologi adalah sebuab kajian tentang teknik mengumpulkan, menyiapkan, menyiapkan, mengumpulkan, menganalisis, dan menyebarkan informasi.
IT dianggap penting oleh pesantren demi kelancaran menyebarkan syi'ar islam di tengah-tengah era globalisasi. Pada masa kini kajian seputar ilmu agama harusnya merambah pada media-media sosial, supaya kajian islam dapat diakses oleh khalayak umum dengan bahasa yang mudah. Tentunya hal ini membutuhkan kemampuan santri dalam bidang IT
Model pembelajaran efektif diperlukan oleh setiap lembaga pendidikan termasuk pesantren. Mau tidak mau teknologi perlu menjadi penunjang untuk memaksimalkan pembelajaran. Ambil contoh, jika tanpa teknologi santri membutuhkan paling tidak setengah jam untuk mencari satu tema dalam tiga jenis kitab, dengan bantuan teknologi seperti maktabah syamilah santri hanya membutuhkan sekitar lima menit. Peran teknologi dalam proses pembelajaran berkaitan pula dengan efesiansi waktu. Hal ini mendorong santri untuk tahu banyak hal tanpa membutuhkan waktu yang lama.
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pesantren akan memberikan banyak kemudahan. Seperti flesibelitas program pendidikan, dakwah syiar Islam dan bahan kajian keilmuan yang dapat dibuat lebih menarik dan berkesan.  Integrasi teknologi informasi dan komunikasi pada pendidikan di pesantren sebagaimana diungkapakan oleh pemerhati Information Communication Tekhnolgy (ICT) Budi Murtiyasa (2008) dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan kemudahan dakwah di pesantren. Lain dari itu akan mendorong percepatan computer literacy pada masyarakat Indonesia.

Komentar